Kementan Gelar DMSF dan Untuk Pameran Produk Petani Milenial Pasuruan

Dalam upaya forum lintas sektor mensupport pelaksanaan Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) di Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur 2024 dan keberlanjutannya, diadakan Forum Koordinasi Pemangku Kepentingan tingkat Kabupaten via aktivitas District Multi Stakeholders Forum (DMSF).

Program YESS 2024 chance-encounter.org menggelar Pameran Produk Hasil Pendampingan Program YESS Jumat minggu lalu menunjukkan sejumlah produk dari Penerima Manfaat YESS di 24 kecamatan dengan aneka produk segar, olahan dan agro input.

Cara DMSF tersebut dihadiri Pj Bupati Pasuruan, Andrianto dan sejumlah stakeholders, yang bersepakat meneruskan Program YESS di Pasuruan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman menyatakan janji mensupport petani milenial. Pasalnya, keterlibatan petani muda pada sektor pertanian menjadi unsur penentu keberlangsungan pangan nasional.

“Petani milenial mesti menjadi contoh bagi generasi muda lainnya,” katanya.

Dibutuhkan senada disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian [BPPSDMP] Dedi Nursyamsi, eksistensi petani milenial sangat dibutuhkan menjadi pencetus sekalian mengoptimalkan jejaring usaha pertanian.

“Mereka [petani milenial] diinginkan kapabel menarik minat generasi muda menekuni usaha di bidang pertanian. Apalagi, sudah banyak petani milenial yang sekarang menjadi pengusaha dan mengoptimalkan usaha dari hulu sampai hilir,” katanya.

Globalisasi dan Digitalisasi

Pj Bupati Pasuruan, Andrianto mengatakan bahwa di era globalisasi dan digitalisasi seperti saat ini, sektor pertanian tak cuma mengandalkan cara tradisional. Berdasarkan temuan, teknologi dan semangat baru dari generasi muda.

“Mereka ialah masa depan pertanian, yang akan membawa perubahan dengan ide-ide segar dan teknologi terkini. Program Petani Milenial dirancang mensupport penuh petani milenial supaya mengoptimalkan potensinya,” katanya.

Andrianto, generasi milenial memerlukan tuntunan, salah satunya dari Program YESS dan Pemda untuk mengoptimalkan usaha. Kolaborasi dari segala pihak ialah kunci keberhasilan kita dalam menghasilkan generasi muda yang produktif dan inovatif di bidang pertanian.